klepon

Klepon adalah salah satu kua tradisional nusantara yang terkenal dikalangan masyarakat umu. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat klepon menjadi cemilan yang di sukai banyak orang. Memperolehnya pun tidak sulit, karena alat dan bahannya banyak di jual dimana- mana,ditambah lagi pembuatannya pun terlampau mudah.


Tergantung tempatnya, kue klepon juga memiliki nama lain seperti 'buah malaka' atau bahkan 'onde-onde'. Nama 'klepon' banyak digunakan oleh orang-orang yng berlatar budaya jawa, sedangkan di gunakan 'buah malak' dan 'onde-onde' biasa di paki oleh orang-orang, sumatera dan sulawesi. Ini terkadang membuat bingung orang-orang karena ad kue tradisional lain yang di sebut dengan 'onde-onde'. Bentuknya juga bulat dan mempunyai isi seperti klepon. bedanya yang satu digoreng dan di balur oleh wijen, yang satu direbus dan di balur kelapa.

Klepon yng banyak dijual identik dengan warna hijau dan di balut parutan kelapa. Meskipun begitu , sebenernya ada juga yang membuat klepon dengan warna berbeda-beda tergantung selera. Kreasi klepon saat ini bukan hanya ad pada warnanya, tetapi juga pada isiannya. Klepon yang umumnya memiliki isian gula merah sekarang sudah ada yang memiliki isian mozarella dan daging. Selain itu, cara menyajian klepon pun kini turut dikreasikan. Mulai menjadi cake ulang tahun klepon hingga dessert boks klepon.
 Ragam kreasi kue kelpon ini menunjuka bahwa budaya tradisional bisa lestarika seiring dengan perkembangan zaman. Tidak selamanya budaya modern membuat hal-hal tradisional hilang, justru sebaliknya, malah menambah ragam dari budaya itu senduri.

Komentar